2022 Kakan Kemenag ingin Kembangkan Sistem Pengelolaan yang Transparan dan Akuntabel

Bulungan (Humas)_ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan laksanakan kegiatan rivieu laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP), Senin (21/2). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula KUB Kemenag Bulungan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan, H. Saimin.
Dalam sambutannya, Kakan Kemenag mengatakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan bertekad mewujudkan salah satu misi utamanya tahun 2022 yaitu mengembangkan sistem pengelolaan yang transparan dan akuntabel. Pencanangan misi tersebut menjadi indikator yang baik dan menunjukan bahwa kebijakan Kemenag Bulungan diarahkan pada capaian Good Governance.

“Sistem pengelolaan yang transparan ditunjukkan dalam bentuk keterbukaan dalam sistem perencanaan dan keterlibatan komponen terkait terutama unit kerja di lingkungan Kantor Kemenag Bulungan dalam membangun perencanaan pengembangan Kantor, baik rencana jangka panjang, jangka menengah, maupun jangka pendek,” awalnya.

 

“Adapun tujuan dilakukannya reviu laporan kinerja adalah membantu penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan data/informasi kinerja instansi pemerintah sehingga dapat menghasilkan laporan kinerja yang berkualitas,” lanjutnya.

Selain itu, Kakan Kemenag menegaskan bahwa setiap unit kerja wajib menyusun dokumen laporan kinerja dan dilaporkan ke pimpinan, dan dokumen tersebut menjadi dasar dalam penyusunan dokumen LAKIP Kantor Kemenag Kab. Bulungan, Laporan kinerja disusun dalam rangka penegakan pertanggungjawab setiap komponen Kantor Kemenag Kab. Bulungan.

“Proses reviu dokumen laporan kinerja baik unit kerja menggunakan instrumen reviu yang ditetapkan oleh Kan.Kemenag Bulungan dengan merujuk instrumen reviu LAKIP yang ditetapkan oleh Permen PAN & Reformasi Birokrasi No. 53 th 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja & Tata cara Revie Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.” pungkasnya